Rabu, 15 Februari 2012

MATERI KELAS XII

PEMBUATAN KARTU NAMA
A. Pengantar :
Sama seperti brosur dan media promosi lainnya, sebuah kartu nama sangatlah penting bagi perusahaan atau perorangan untuk memberikan informasi terkait profil, usaha atau bisnis seseorang. Kartu nama selain dapat menampilkan informasi dengan baik tetapi juga harus di sajikan dengan desain yang menarik dan kreatif, sehingga orang yang membaca akan lebih enak dan tertarik dengan isi dari kartu nama tersebut. Untuk itulah kita akan belajar bagaimana membuat desain kartu nama yang menarik dan mampu memberikan informasi yang ingin di sampaikan.
B. Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum membuat desain kartu nama
1. Tentukan dahulu untuk siapa atau apa kartu nama itu di buat, misalnya jika yang memesan itu adalah pihak pendidikan maka kita bisa memberikan warna dominant warna biru atau bahkan ada permintaan warna dominan khusus.
2. Catatlah semua informasi yang akan di masukkan ke dalam desain kartu nama sehingga dalam proses desain nanti tidak ada informasi yang kurang atau belum di masukkan.
3. Buatlah konsep atau model desain lebih dari 1 (satu) sehingga dalam proses desain nanti kita dapat membuat beberapa variasi desain sehingga pemesan kartu nama dapat dengan mudah memilih desain mana yang paling di sukai atau menarik.
4. Cari inspirasi desain lewat internet atau media cetak yang sudah ada untuk mengawali konsep desain kartu nama yang akan kita buat.
5. Konfirmasikan setiap desain kartu nama yang sudah jadi dan siap cetak kepada pemesan kartu nama sebelum kita menyelesaikan desain kartu nama.
C. Langkah Pembuatan Kartu Nama :
1. Pada materi ini kita akan membuat sebuah desain kartu nama bisnis yang bergerak dalam bidang percetakan dan web development.
2. Sebelumnya kita perlu mengetahui yaitu informasi yang akan di tampilkan pada desain kartu nama tersebut adalah
- Nama : Andi Prasetyo
- Jabatan : General Manager
- Alamat : Jl. Nuri 01 Ds. Dukutalit Rt 04/II Juwana Pati Jawa Tengah 59185
- Hp : 081325767103
- Mail : andijuwana@yahoo.com
- Site : www.griyakreatif.com
- Layanan : Web Development, Company Profile, IT Trainning, IT Consultan, Digital Printing.
- Warna dominan desain kartu nama adalah warna orange dan background putih.
3. Setelah kita mengetahui informasi yang akan kita masukkan kedalam desain kartu nama maka langkah selanjutnya adalah proses desain.
4. Silahkan pada halaman kerja CorelDraw buat sebuah objek Retangle atau persegi panjang dengan ukuran kartu nama normal yakni 9 cm x 5.5 cm, perhatikan gambar di bawah ini.

5. Kemudian kita akan merubah objek persegi tadi menjadi bentuk curva atau curves dengan tujuan agar dapat kita modifikasi bentuknya. Caranya silahkan klik kanan pada objek dan pilih convert to curves atau tekan (Ctrl + Q). Perhatikan gambar di bawah ini.

6. Lalu objek masih dalam terseleksi, silahkan tekan tombol P agar objek berada di tengah-tengah dokumen untuk memudahkan mengedit.
7. Kemudian kita akan membuat variasi desain dahulu sebelum memasukkan informasi-informasi.Caranya copy paste objek tadi menjadi 2 buah dan beri warna orange, seperti terlihat pada gambar di bawah.

8. Setelah objek kedua terbentuk maka kita buat bentuknya melengkung dengan cara klik tool box shape tool (F10), kemudian letakkan di garis bawah pada objek yang berwarna orange dan klik kanan lalu pilih menu to curve. Perhatikan gambar di bawah ini.

9. Kemudian silahkan tarik garis panah ke atas dan ke bawah hingga membentuk objek seperti pada gambar di bawah ini.

10. Setelah objek seperti gambar di atas, lalu kita tambahkan variasi objek persegi pada sudut kanan bawah kartu nama, silahkan lihat gambar di bawah ini.

11. Kemudian kita tinggal menambahkan informasi yang sudah kita siapkan sebelumnya. Masukkan semua informasi seperti pada gambar di bawah ini.

12.      Akhirnya selesai sudah desain kartu nama yang kita buat, silahkan buat dengan variasi desain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar